Home » , , » Hacker Mulai Intip Celah Aplikasi Digital

Hacker Mulai Intip Celah Aplikasi Digital

Dunia digital terus berkembang semakin pesat. Bahkan di Indonesia saja sudah sangat berkembang mulai dari kebutuhan pengguna hingga para penyedia layanan digital sendiri. Maraknya layanan berbasis digital maka akan muncul dan hadirnya bermacam-macam aplikasi yang berguna untuk memudahkan para pengguna untuk memanfaatkan berbagai macam layanan melalui digital.

Hacker Anonymous (sources: nakedsecurity.sophos.com)
Kemudahan yang diperoleh dengan munculnya aplikasi-aplikasi berbagai layanan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan untuk melayani konsumennya belum bisa dibilang aman. Baru-baru ini kita mungkin paling tidak mendengar kabar bajak membajak website-website milik perusahaan besar di Indonesia. Bahkan, salah satu operator seluler terbesar di Indonesia saja masih bisa dibajak oleh para Hacker.

Berdasarkana detikinet dikabarkan bahwa saat ini para Hacker sedang mengincar celah yang terdapat di aplikasi. Bayangkan bila pelaku cyber crime mampu mengakses aplikasi melalui celah yang mereka dapat, sebesar apa kerugian yang didapat? Andaikan perusahaan ini bergerak di bidang finansial, perbankan, atau industri telekomunikasi, tak bisa dibayangkan berapa kerugian yang harus ditanggung oleh perusahaan.

Menurut Fetra Syahbana bukan hanya kerugian material yang akan dirasakan, melainkan reputasi perusahaan tersebut yang menjadi taruhannya. Menurutnya, tidak ada sistem yang benar-benar aman untuk saat ini. Bila suatu perusahaan menyatakan memiliki keamanan terbaik, maka Hacker akan lebih merasa tertantang untuk dapat membobolnya.

Dikatakan bila saat ini tidak hanya diperlukan firewall namun juga harus dilakukan deteksi dini. Kejahatan cyber yang terjadi akhir-akhir ini telihat dari lemahnya keamanan cyber. Bila suatu website terkena deface dari para hacker, maka tidak akan bisa ditentukan berapa lama waktu yang akan dibutuhkan karena akan bergantung pada tingkat kerusakan yang dialami.

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog