Home » , , » Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Medan - Ignition Day

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Medan - Ignition Day

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang digelar di 10 Kota di Indonesia akhirnta tiba di Kota Medan sebagai kota ke-10 atau kota terakhir untuk tahun ini. Setiap gelarannya yang berlangsung di setiap kota akan dilakukan beberapa tahapan hingga akhirnya didapatlah startup yang berkualitas yang dihasilkan dari program Gerakan Nasional ini.
Tahap pertama merupakan Ignition Day yang akan diisi oleh beberapa orang panelis yang merupakan para founder startup yang berhasil menjalankan startup mereka hingga dikenal cukup luas di Indonesia khususnya. Salah satu panelis yang hadir dalam Ignition Dat di Medan adalah seorang penyanyi ibukota yakni Vidi Aldiano. Peserta di Medan mencapai 420-an orang dimana merupakan yang terbanyak dalam penyelenggaraan acara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di kota ini.


Panelis dan Pengisi Ignition Day Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Medan
Materi-materi yang diberikan selama berlangsungnya Ignition Day dalam Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Medan ini seputar dunia startup. Para founder menceritakan bagaimana latar belakang mereka hingga akhirnya mendirikan dan menjalankan startup yang bisa bermanfaat bagi orang banyak. Ternyata, sebuah startup berawal dari sebuah masalah yang ada. Agar memudahkan kita untuk mendirikan dan membangun sebuah startup sebenarnya tidaklah begitu sulit. Kita hanya butuh mengamati masalah apa yang sedang terjadi sekitar kita terlebih dulu dan kemudian bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah tersebut. Hal itulah yang akan kita jadikan ide awal untuk membangun sebuah startup.

Masalah sudah didapat dan cara penyelesainnya pun sudah ada menurut kita. Berhubung ini merupakan startup digital, maka bangunlah sebuah sistem digital untuk menyelesaikan masalah tersebut. Maka yang pertama dibutuhkan adalah sebuah website untuk dapat mengakomodirnya. Di dalam website tersebut nantinya akan dibuat sebuah program bagaimana orang-orang yang mempunyai masalah tersebut bisa minimal mengurangi atau mengurai masalahnya.

Edy Tan, Regional Head GoJek Medan
Era digital dimana banyak orang memiliki smartphone dan menggunakan jaringan internet, maka lebih baik lagi bila program atau aplikasi yang sebelumnya kita buat hanya di website tersebut kita kembangkan ke dalam aplikasi yang digunakan di smartphone. Dengan demikian, maka penggunaan aplikasi tersebut akan semakin luas.

Salah satu tantangan dalam membangun startup yakni bagaimana ketahanan mental kita untuk mengembangkannya bersama tim. Maka dari itu, dalam program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini para peserta memilih keahlian diri sebagai Hacker (programmer), Hipster (desainer), atau sebagai Hustler (promosi). Minimal ada tiga orang dengan keahlian yang berbeda seperti tersebut diatas, maka sebuah startup sudah dapat dibangun dengan lebih optimal daripada hanya menjalankan startup sendirian.

I am Hipster
Tahanp Ignition Day dalam Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Kota Medan ini akan dilanjutkan dalam tahap Networking Session. Tahapan ini dimaksudkan untuk membangun jaringan atau tahapanuntuk saling mengenali dari tiap peserta sehingga nantinya dapat membentuk tim dalam pembuatan startup mereka.

Tahap selanjutnya adalah Workshop, dimana para peserta yang lolos akan mendapatkan pembekalan yang lebih dalam tentang dunia bisnis startup. Selanjutnya akan dilakukan seleksi kembali dan peserta yang lolos akan masuk dalam tahapan Hackaton (Hacksprint), dimana para peserta akan diwajibkan untuk melanjutkan ide yang mereka punya agar menjadikannya dalam sebuah prototype. Hasil prototype tersebut akan dinilai oleh juri, bila berhasil maka akan melaju dalam tahapan selanjutnya yang disebut Bootcamp. Pada tahapan ini kembali akan diseleksi dan yang berhasil akan masuk dalam tahap akhir yakni Incubation selama 3 bulan.

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog