Home » , , , » Resmi, Google Umumkan Fitur Baru di Android M

Resmi, Google Umumkan Fitur Baru di Android M

Seperti dikabarkan sebelumnya bahwa OS Android M akan hadir Mei 2015 dan Fitur Penggunaan RAM dan Baterai pada Android M. Google melalui acara konferensi Google I/O secara resmi mengumumkan Android M Developer Preview, dimana dikatakan bahwa mereka akan meluncurkan versi Android M versi Final secara resmi kepada konsumen pada akhir tahun 2015 mendatang. Belum ada nama resmi yang diumumkan Google terkait dari inisial Android M.

fitur baru di Android M, android M diumumkan secara resmi, android m dozing daya baterai

Inilah beberapa fitur terbaru dalam OS Android M :

Pengaturan Izin Aplikasi
Pada Android M yang menjadi fokus pengembangan bukan pada desain User Interface (UI) atau tampilan yang mana terjadi pada Android Lollipop melainkan berbagai fitur yang sebenarnya sangat perlu mendapatkan perhatian untuk disempurnakan. Fitur pertama yang diumumkan yaitu di bagian perizinan aplikasi. Pada Android M nantinya pengaturan izin aplikasi-aplikasi yang tertanam dalam perangkat ponsel maupun tablet akan dibuat sedemikian simpel dan mudah. Anda tidak akan menemukan permintaan izin aplikasi secara berulang yang saat ini terjadi di Android Lollipop.
Apabila anda ingin merubah prizinan dari suatu aplikasi atau mencabut izin satu aplikasi tertentu, maka anda dapat melakukannya melalui menu pengaturan.

Android Pay dan dukungan pemindai sidik jari asli
Perubahan besar lainnya yang diumumkan yakni mengenai adanya layanan baru seperti ‘Apple Pay’ yang disebut dengan ‘Android Pay’yang dapat digunakan untuk alat pembayaran di toko secara online. Nantinya akan menggunakan NFC untuk berhubungan dengan terminal. Selain itu, Android M juga mengenalkan dukungan terhadap pemindai sidik jari. Hal ini menjadikan para produsen tidak perlu lagi memberikan fitur tersebut sebagai tambahan.

Chrome Everywhere
Berarti Chrome dimana-mana. Maksudnya, kita nantinya akan dimudahkan untuk membuka segala tautan yang berasal dari aplikasi-aplikasi pihak ketiga. Pada Android M, para pengembang aplikasi pihak ketiga dapat menyatukan fungsi browsing ke dalam aplikasi mereka, dengan demikian kita sebagai pengguna akan menjalankan Chrome walau langsung mengunjungi tautan tertentu dari aplikasi walau tampilan tetap seperti tampilan aplikasi pihak ketiga itu sendiri. Dengan dijalankan fitur terbaru ini pada Android M, maka waktu load sebuah halaman akan lebih cepat dari sebelumnya.

Android M "Dozing"
Melihat daya tahan baterai yang selalu menjadi masalah pada sebuah smartphone menjadikan Android M mendapat perhatian dari Google untuk memperbaiki di sektor tersebut. Pada Android M, Google memperkenalkan fitur baru yang disebut ‘Dozing’. Fitur ini nantinya akan aktif bila berbagai sensor pada perangkat Android menyatakan bahwa ponsel atau tablet tidak sedang digunakan. Misalnya saat perangkat Android M diletakkan diatas meja, dan sebagainya. Namun, Google tetap memperhatikan kebutuhan anda walau fitur tersebut aktif karena alarm dan pemberitahuan berbagai notifikasi yang berupa prioritas tinggi tetap dapat berjalan.
Dengan adanya fitur ‘Dozing’ di Android M, Google mengklaim bahwa waktu siaga sebuah perangkat Android M dapat bertahan 2 kali lebih lama dibandingkan perangkat Android Lollipop.

Share Langsung
Fitur Share Langsung atau ‘Direct Share’ ini akan mempelajari bagaimana kebiasaan pengguna dalam menggunakan perangkat Android M. Bila pengguna sering membagikan suatu hal kepada seseorang yang dituju, maka untuk berikutnya setiap akan membagikan sesuatu Android M akan mengarahkan kepada orang tersebut sebagai tujuan utama.

Pengaturan Volume
Bila pada Android Lollipop pengaturan volume dibagi berdasarkan kategori yang berarti bila pengguna ingin mengubah volume untuk pemberitahuan atau notifikasi dan alarm tapi bukan untuk nada dering dan musik, maka pengguna hanya dapat melakukannya sementara melalui pengaturan suara berdasar kategori. Pada Android M, hal tersebut akan berubah. Ketika pengguna ingin melakukan pengaturan volume, maka bar volume akan muncul dalam bentuk slider untuk masing-masing kelompok.

Itulah beberapa fitur terbaru Android M yang diumumkan dalam konferensi Google I/O 2015 di Amerika Serikat.

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog