Home » , , » Pengaruh Gadget Terhadap Konsentrasi Manusia

Pengaruh Gadget Terhadap Konsentrasi Manusia

Semakin berkembangnya teknologi maka semakin dimudahkannya segala aktivitas yang kita lakukan. Bayangkan saja, bila kita butuh suatu informasi yang tidak kita ketahui maka dengan mudahnya kita dapat mencari tahu hal tersebut dengan mencarinya di dunia maya melalui perangkat ponsel pintar kita. Kemudahan ini hingga membuat kita takut bila ponsel atau gadget yang biasa kita gunakan hilang dari genggaman.

bahaya ponsel terhadap konsentrasi, efek negatif gadget terhadap konsentrasi, konsentrasi manusia dan ikan mas koki

Namun sadarkah kita bila hal tersebut dapat menurunkan daya konsentrasi? Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan raksasa komputer Microsoft, daya konsentrasi manusia semakin menurun seiring seringnya penggunaan gadget. Hal ini dinyatakan berdasarkan pada tahun 2000 dimana daya konsentrasi seseorang terhadap suatu objek atau aktivitas dapat bertahan selama 12 detik, sedangkan pada tahun 2013 daya tahan manusia terhadap konsentrasi kepada suatu hal atau objek tertentu seudah menurun hanya selama 8 detik saja. Konsentrasi yang hanya mampu bertahan selama 8 detik tersebut bahkan lebih buruk 1 detik dari konsentrasi seekor ikan mas koki. Penelitian ini melengkapi dari efek penggunaan banyak gadget terhadap IQ.

Penelitian yang dilakukan di Kanada tersebut dihasilkan setelah para manusia yang ikut dalam penelitian tersebut diberikan waktu untuk menggunakan beragam gadget, dari yang hanya satu buah gadget hingga dikelilingi berbagai gadget. Menurut salah seorang ahli, hal ini terjadi karena seringnya setiap orang dalam mengakses perangkat mobile mereka.

Hampir semua manusia yang menggunakan perangkat mobilenya melakukan aktivitas bersama gadgetnya dimulai sejak ia membuka mata hingga saat menjelang tidur. Saat seseorang sedang tidak beraktivitas, pasti seseorang itu akan mengambil perangkat gadgetnya walau hanya untuk melihat sosial media hingga berselancar didunia maya yang tak terbatas tersebut. Hal inilah yang tanpa disadari akan membuat daya konsentrasi semakin menurun.

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog