Home » , , , , , , » Sistem Deteksi Gempa dengan Smartphone

Sistem Deteksi Gempa dengan Smartphone

Gempa bumi merupakan sebuah peristiwa alam akibat adanya pergeseran lempeng bumi. Tidak jarang pula setiap kejadian gempa bumi menyebabkan kejadian atau bencana hingga merenggut nyawa manusia. Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang memiliki potensi gempa bumi tersbesar selain Jepang.
deteksi gempa dengan smartphone, deteksi gempa dengan handphone, sistem deteksi gempa ponsel

Peristiwa gempa bumi juga bisa menjadi suatu tanda akan adanya bencana besar lain yang akan melanda bumi seperti akan datangnya Tsunami. Hal ini salah satunya terjadi di Aceh, saat itu gempa bumi yang cukup kuat terasa mengetarkan hampir sebagian pulau Sumatera. Selang beberapa waktu setelah gempa terjadi, Tsunami pun melanda di beberapa pulau di Sumatera, namun yang terbesar melanda wilayah Aceh. Hal ini juga tak jarang terjadi di Jepang.

Seiring berkembangnya teknologi, saat ini para peneliti sedang berusaha untuk menciptakan suatu sistem agar gempa dapat dideteksi melalui smartphone. Digunakannya smartphone sebagai media yang akan digunakan sebagai alat pemberitahu penggunanya cukup beralasan karena tingginya penggunaan smartphone di seluruh dunia, selain itu karena mendukungnya fitur-fitur yang tertananm dalam perangkat smartphone.

Adanya sensor-sensor seperti GPS, Accelerometer, dan konektivitas data sepertinya sudah cukup untuk merealisasikan hal tersebut. Nantinya sistem ini akan bekerja dengan mengambil informasi dari getaran tremor yang terjadi. Informasi tersebut yang akan menjadi sebuah notifikasi (pemberitahuan) kepada pengguna smartphone sebelum getaran yang lebih besar terjadi.

Saat ini masih terdapat beberapa tantangan dalam pengembangan sistem deteksi gempa melalui smartphone diantaranya untuk menyaring suara instrumen yang kurang tepat, serta dalam mengidentifikasi alarm (pemberitahuan) palsu.

Para peneliti sangat optimis bisa menghadirkan sistem deteksi gempa melalui smartphone setelah mereka membaca data yang tercatat dari perangkat yang terkoneksi oleh GPS saat terjadinya gempa dan Tsunami di Tohuku, Jepang pada tahun 2011 lalu. Dari data tersebut, mereka menemukan pembacaan gempa yang sangat tepat sekitar 1 menit setelah getaran pertama terjadi. Hingga kini, Pilot Project yang merupakan rancangan proyek masih dibuat di Chili. Semoga sistem deteksi gempa dengan smartphone ini bisa segera terealisasi.

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog