Home » , , » Efek Penggunaan Banyak Gadget Terhadap IQ

Efek Penggunaan Banyak Gadget Terhadap IQ

Pada zaman sekarang ini sudah biasa bila kita melihat orang-orang menggunakan atau memiliki banyak gadget sekaligus. Sebagian mungkin sudah menjadi sebuah gaya hidup dengan menggunakan atau memiliki banyak gadget namun mungkin sebagian lagi karena faktor kebutuhan untuk aktifitasnya.

Akhir-akhir ini peneliti dari University of Copenhagen melakukan penelitian terhadap efek penggunaan banyak gadget terhadap IQ manusia, dan hasilnya sungguh mengejutkan banyak pengguna gadget. Kesimpulan dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa saat kita menggunakan banyak gadget sekaligus, ditambah dengan aktivitas lain seperti sambil menonton televisi misalnya, maka tubuh kita akan mengeluarkan hormon yang perasaannya akan sama bila kita mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Bahaya penggunaan banyak gadget, Efek penurunan IQ, banyak gadget menurunkan IQ,

Dengan demikian, penelitian itu kembali menyimpulkan bahwa bila penggunaan gadget yang banyak sekaligus ditambah dengan aktifitas menonton televisi maka dapat menurunkan tingkat kecerdasan (IQ) manusia.

Hal ini dikarenakan bila pada situasi normal bila kita sedang fokus pada suatu tugas tertentu dalam satu waktu, maka otak akan mencerna informasi tersebut dengan benar. Informasi ini nantinya akan disimpan di dalam bagian otak yang bernama Hipokampus (hippocampus) yaitu tempat penyimpanan memori (ingatan dalam otak). Seluruh memori yang terdapat dalam Hipokampus akan dirinci kembali sehingga akan mudah bila akan diambil (untuk diingat kembali).

Sedangkan bila kita menggunakan banyak gadget maka seluruh informasi yang kita terima akan disimpan di bagian otak yang bernama Striatum. Striatum bukan merupakan tempat penyimpanan informasi seperti halnya Hipokampus, jadi seluruh informasi yang disimpan dalam striatum akan membuat kita sulit untuk mengingatnya kembali.

Setiap saat kita melakukan aktifitas dengan banyak gadget, berpindah dari gadget satu ke yang lain, maka tubuh akan menghasilkan zat kimia L-dopa yang kemudian akan menghasilkan hormon dopamin. Sehingga kemampuan kognitif akan meningkat bahkan lebih buruk dari mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Penelitian ini dilakukan karena sekitar 80% pengguna gadget berprilaku seperti itu.

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog