Home » , , , » 3 Hal Sederhana Penyebab Laptop Cepat Panas

3 Hal Sederhana Penyebab Laptop Cepat Panas

Penyebab laptop cepat panas bisa karena beberapa hal yang sebenarnya bisa dikarenakan faktor sederhana namun juga bisa karena hardware atau komponen dari laptop itu sendiri yang sudah dalam kondisi kurang baik. Dalam postingan kali ini, Teknologi & Sains akan menuliskan hal-hal sederhana yang bisa menyebabkan laptop cepat panas.

penyebab laptop cepat panas, laptop tiba-tiba mati, laptop panas mati
Kondisi laptop yang panas sangat mengganggu performa kerja dari laptop itu sendiri. Hal ini tentu akan sangat membuat kita kesal. Bahkan, terkadang hal-hal seperti laptop tiba-tiba mati sendiri saat pekerjaan yang kita kerjakan belum kita simpan pun bisa terjadi bila kondisi laptop panas melebihi temperatur normalnya.

- Penempatan laptop
- Tersumbatnya ventilasi laptop
- Pekerjaan berat

Penempatan Laptop
Menggunakan laptop akan memudahkan kita untuk dapat menggunakan sebuah komputer dimana saja, sebuah hal yang tidak akan kita dapatkan bila menggunakan sebuah komputer personal (PC) yang mempunyai CPU dengan ukuran yang cukup besar. Dengan kepraktisan laptop tersebut, terkadang tanpa kita sadari bahwa si laptop juga membutuhkan sirkulasi udara agar suhu/temperaturnya tetap normal. Banyak diantara kita yang menggunakan laptop di atas bantal, selimut, kasur dan sebagainya. Karena benda-benda tersebut menyerap panas, tentu saja akan membuat kondisi laptop yang permukaannya bersentuhan langsung dengan selimut, kasur dan sebagainya akan semakin panas. Sebaiknya tempatkanlah laptop di permukaan yang rata dan keras seperti meja.

Tersumbatnya ventilasi laptop
Laptop memiliki lubang-lubang ventilasi udara. Biasanya letak ventilasi udara berada pada bagian belakang atau samping laptop. Seiring dengan lamanya kita menggunakan laptop tersebut, tidak menutup kemungkinan kalau lubang-lubang ventilasi tersebut sudah mulai tertutup oleh debu, sehingga pembuangan udara panas yang dihasilkan oleh laptop tidak dapat terbuang dengan sempurna. Untuk mengatasinya anda dapat mengurangi debu melalui lubang ventilasi tersebut dengan menggunakan penghisap debu. Jika anda mahir dalam hal bongkar pasang laptop, tentu saja anda bisa membersihkan debu lebih optimal dengan melepas casing laptop dan kemudian memasangnya kembali.

Pekerjaan Berat
Banyaknya jenis laptop membuat beragamnya harga yang ditawarkan para produsen laptop kepada kita, hal ini tergantung dengan spesifikasi hardware dan software yang dimiliki dari masing-masing laptop itu sendiri. Terkadang bisa saja, kita membeli laptop dengan spesifikasi yang biasa-biasa saja dengan harga yang cukup terjangkau. Saat kita menggunakannya, kita melakukan pekerjaan kita menggunakan laptop tersebut yang bisa jadi tergolong pekerjaan yang berat untuk si laptop. Misalnya anda menggunakan laptop dengan spesifikasi standar (kartu grafis standar) namun anda gunakan untuk mengerjakan edit grafik, video, hingga film resolusi tinggi. Hal ini dapat menyebabkan performa laptop menjadi lambat, bahkan temperatur laptop juga akan lebih cepat panas dari biasanya. Untuk mengatasinya, gunakanlah laptop sesuai dengan spesifikasinya.

Ketiga hal tersebut merupakan hal yang sederhana yang terkadang tidak terpikirkan oleh kita. Selain 3 hal sederhana tersebut ada hal lainnya yang mungkin bisa berasal dari komponen atau hardware laptop yang sudah termakan usia atau sudah tidak bagus lagi kondisinya.

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog