Home » , » Tahun 2013 Kematian bagi Netbook ?

Tahun 2013 Kematian bagi Netbook ?


Memasuki pasar komputer jinjing sekitar tahun 2008, komputer jinjing mini ini atau yang dikenal dengan netbook ini sempat menjadi idola bagi pengguna gadget.

Hal ini dikarenakan netbook memiliki ukuran yang praktis untuk dibawa-bawa, tidak seperti "saudaranya" notebook yang memiliki ukuran dan bobot yang tidak bersahabat untuk keperluan yang mobile.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, maka teknologi yang digunakan netbook pun tidak dapat menyamai "saudaranya" notebook. Karena netbook hanya dibekali prosesor Intel Atom yang sebenarnya agak kewalahan jika dipakai membuka aplikasi yang memakan banyak memori. Ditambah lagi jika Anda membuka banyak aplikasi, maka bersiaplah untuk menunggu agak lama, dan semoga saja netbook Anda tidak hang.

Ukuran dan resolusi layar netbook tak mendukung grafis beresolusi tinggi. Jangan harap netbook mampu memainkan game kelas berat atau memutar video HD. Layar kecilnya membuat mata cepat lelah. Terlebih jika dipakai untuk membuka browser internet, ruang halaman situs web banyak terpotong oleh toolbar dan status bar browser. Ini sungguh menyiksa bagi orang tua, mereka harus melihat dalam jarak dekat agar bisa membaca teks.

Produsen komputer Dell asal Amerika Serikat, pertama kali menyatakan diri untuk berhenti memproduksi netbook pada Desember 2011. Langkah Dell diikuti produsen lain, seperti Samsung, Sony, Toshiba, dan Hewlett Packard (HP). Asus menyusul pada September 2012 lalu untuk berhenti memproduksi netbook seri Eee PC yang memakai prosesor Intel Atom pada akhir 2012. Acer dan Micro-Star International (MSI) juga berencana tak merilis produk netbook lagi.

Sebenarnya eksistensi netbook sudah mulai memudar sejak kehadiran gadget baru yang disebut dengan tablet komputer, yang bila kita lihat dari ukuran maupun bobot jauh lebih bersahabat bila dibandingkan dengan netbook, apalagi performa juga tidak kalah.

Jadi, menurut informasi yang saya peroleh dari kompas.com maka tahun 2013 ini mungkin merupakan tahun kematian bagi netbook. Setujukah anda? Kita lihat saja apa yang akan terjadi dengan netbook di tahun 2013 ini.

Sumber: kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog