Home » , » Banyak Beredar Stiker Windows Palsu

Banyak Beredar Stiker Windows Palsu

Stiker palsu banyak beredar (kompas.com)
Baru saja saya membaca yang dikeluarkan di kompas.com pada hari Jumat kemarin. Ternyata memang ada yang namanya stiker Windows palsu.

Sebelum mengetahui berita ini, saya memang pernah sempat berpikir bahwa mungkin memang ada stiker Windows palsu, dan ternyata memang ada. hehee..

Ternyata, Kepolisian RI sudah menemukan adanya tindakan pemalsuan stiker Windows dari Microsoft yang biasa disebut dengan Certificate Of Authenticity (COA), dan sudah dilakukan penindakan terhadap pelaku pemalsuan COA palsu pada tahun 2009 di Jakarta dan menurut Polri saat ini peredaran stiker palsu masih ada namun jumlahnya sudah sedikit.

Untuk membedakan COA asli dengan yang palsu sebenarnya dapat dilakukan dengan kasat mata, yaitu benang pengaman pada COA palsu terlihat seperti tempelan, tidak menyatu dengan stiker. Selain itu, permukaan pada COA palsu juga terasa licin

Padahal yang asli, permukaannya terasa seperti memiliki serat. COA asli, bagian yang jika diraba terasa menjorok ke dalam, bisa dirasakan seperti menyatu dengan kertas.

Memang sebagaimana kita ketahui, begitu banyak jenis produk apapun yang mungkin kita rasa asli tapi ternyata palsu. Salah satu yang membedakan biasanya sangat mudah kita tahu dari sisi harganya, dimana jika ada suatu benda yang 'katanya' asli tapi dijual dengan harga dibawah harga pasar seharusnya kita patut curiga. Tapi apalah daya. Mungkin bagi golongan orang yang mempunyai materi lebih bisa dengan mudah untuk memilih, jadi tidak usah beli yang dibawah harga pasar, istilahnya 'harga tidak pernah bohong', semakin mahal pasti kualitas suatu produk yang dibeli akan semakin baik.

Tapi bagi yang membutuhkan suatu produk dan berasal dari golongan yang pas-pasan, pasti akan membeli produk yang 'katanya' asli dengan harga dibawah harga pasar. Tidak peduli apakah itu memang betul-betul asli, atau 'aspal' (asli tapi palsu). Namanya juga butuh!!

Sebaiknya pemalsuan-pemalsuan seperti ini bisa diberantas oleh pihak berwajib. Jadi, misalnya kita membeli sebuah notebook, PC, ataupun netbook apa yang kita pilih produknya kita jadi benar-benar tahu bahwa produk yang kita beli memiliki lisensi asli atau tidak.

Dan bagi yang tidak mampu membeli produk yang original sebaiknya menggunakan OS yang free saja seperti Linux, walaupun saya menulis blog ini juga belum menggunakan yang original.. ^_^

2 comments:

Arsip Blog