Home » » Sosok Iblis Ditemukan di Lukisan Giotto

Sosok Iblis Ditemukan di Lukisan Giotto

Lukisan Giotto di basilika Santo Franciscus Asissi
Seperti yang dilansir oleh The Sunday Times pada (5/11/2011), bahwa ditemukan sesosok iblis yang tersembunyi di balik awan dalam lukisan dinding karya Giotto di Basilika Santo Franciscus Asissi di Italia.


Yaitu berada di bagian atas lukisan nomor 20 iblis tersebut tersembunyi dalam rangkaian gambaran kehidupan Santo Franciscus yang dilukis oleh Giotto pada abad ke-13.

Chiara Frugone yang merupakan ahli sejarah seni asal Italia inilah yang berhasil menemukan gambar iblis tersebut. Sang iblis digambarkan samar-samar dengan hidung yang berbentuk bengkok, senyum licik, dan mempunyai tanduk yang tersembunyi di antara awan-awan. Di lukisan tersebut menggambarkan kematian Santo Franciscus.


Sosok iblis itu sulit dilihat dari lantai basilika, tetapi cukup mudah dikenali bila dilihat dalam jarak yang dekat.

Kepala restorasi basilika, Sergio Fusetti mengatakan Giotto mungkin tidak berharap wajah iblis itu akan menjadi bagian utama lukisan tersebut. Mungkin ia juga hanya sekedar iseng dalam melukiskan sosok itu atau hanya sekedar bersenang-senang saja.


"Giotto mungkin melukis wajah sang iblis untuk mengejek seseorang yang dikenalnya dan melukiskannya sebagai iblis," kata Fusetti.

Adapun karya seni di basilika tempat Santo Franciscus dimakamkan itu terakhir kali direstorasi pada tahun 1997 setelah beberapa kali rusak akibat gempa bumi. 

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog