Home » » Ponsel Samsung Lampaui Apple dan HTC

Ponsel Samsung Lampaui Apple dan HTC

Siapa yang belum mengenal ponsel-ponsel pabrikan asal negeri ginseng Korea? Siapa lagi kalau bukan Samsung.

Sampai dengan kuartal ketiga tahun 2011 ini pengiriman ponsel Samsung mengalami peningkatan sebesar 223 persen, sehingga Samsung sudah mampu melampaui pesaing terdekatnya seperti Apple dan HTC.
Angka pengiriman ponsel Samsung naik 223,3 persen dari 7,3 juta unit pada September 2010 menjadi 23,6 juta unit pada September 2011. Di saat yang sama, pangsa pasar Samsung meroket dari 8,8 persen menjadi 20 persen.

Kevin Restivo yang seorang analis riset senior IDC mengatakan bahwa masing-masing vendor akan berusaha mempertahankan pengiriman dan penjualan ponselnya.  "Kompetitor akan merilis ponsel baru dengan fitur seperti layar 3 dimensi, dual core processor, serta kemampuan audio yang mumpuni untuk menjegal lawan," kata Kevin.

Di posisi kedua, Apple dengan pangsa pasar 14,5 persen (turun dari 17 persen pada tahun 2010). Tercatat, pengiriman yang dilakukan Apple naik 21,3 persen dari 14,1 juta unit ke 17,1 juta unit.

Berikutnya, ada HTC yang mengalami kenaikan pengiriman hingga 115,3 persen dari 5,9 juta unit menjadi 12,7 juta unit. Pangsa pasarnya naik dari 7,1 persen ke 10,8 persen.

Di sisi lain ada Nokia yang hanya mengirimkan 16,8 juta unit, anjlok 36,6 persen dari 26,5 juta unit. Pangsa pasarnya pun merosot dari 32 persen menjadi 14,2 persen.

Hal serupa juga dialami oleh Research In Motion yang memproduksi BlackBerry. Pengirimannya turun tipis 4,8 persen dari 12,4 juta unit menjadi 11,8 juta unit. Pangsa pasarnya juga turun dari 15 persen menjadi 10 persen.

Analis Riset Senior IDC lainnya, Ramon Llamas menjelaskan, kenaikan pengiriman produk Samsung disebabkan karena keragaman produk yang dimilikinya. "Sejak kemunculan Galaxy, Samsung terus agresif meluncurkan produk dengan inovasi terbaru dan fitur-fitur populer," kata Ramon.

Namun, Ramon juga mempredikisi Apple akan menyalip Samsung di kemudian hari. Sebabnya, karena kehadiran iPhone 4S di kuartal IV-2011 yang diyakininya mampu mendongkrak angka pengiriman dan pangsa pasar Apple pada periode berikut.

Nokia pun masih diperhitungkan oleh Ramon. Perusahaan asal Finlandia itu dianggap telah memasuki era baru dengan sistem operasi Windows Phone-nya.

Dalam satu tahun terakhir, jumlah ponsel yang telah didistribusikan di seluruh dunia sudah mencapai 118,1 juta unit. Ini menunjukkan kenaikan 42,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu yaitu sebesar 82,8 juta unit.

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog