Home » , » SigIlip, Sikat Gigi Bisa Masuk Dompet

SigIlip, Sikat Gigi Bisa Masuk Dompet


Sering bepergian secara mendadak, masalah sikat gigi mungkin menjadi salah satu yang paling mengganggu. Pasalnya, perlengkapan pribadi yang satu ini bukanlah barang yang menjadi prioritas untuk dibawa setiap hari. Ketika ada acara dadakan yang harus menginap, alhasil tiap orang pun harus membeli lagi.

Kini ada inovasi dari Nusrito Zalins Adekory, salah satu finalis Djarum Black Innovation Award 2011. Ia menciptakan Sigilip, produk sikat gigi sebesar kartu ATM yang dirancang setipis mungkin sehingga bisa disimpan di dalam dompet dan bisa dibawa bepergian ke mana saja dengan mudah dan praktis.

"Sebenarnya ini dari pengalaman saya yang sering pergi dadakan. Tiba-tiba menginap di tempat teman dan nggak bawa sikat gigi. Lalu saya lihat ada produk flashdisk tipis yang mudah dibawa. Saya jadi terpikir untuk menciptakan sikat gigi yang tipis juga, jadi bisa dibawa kemana-mana," kata Zalins menjelaskan latar belakang pembuatan produknya.

Desain Sigilip pada dasarnya seperti sikat gigi biasa yang dibelah. Jadi, Sigilip terdiri dari beberapa kepingan yang terdiri dari gagang sikat dan bulu. Masing-masing kepingan terhubung dengan engsel dan memiliki magnet. Ketika hendak memakainya, pengguna tinggal menyatukan kepingan kepingan itu.

"Sigilip ini dirancang untuk 3 - 5 kali penggunaan," kata Zalins yang juga mahasiswa jurusan animasi di Institut Teknologi Bandung. Masa pakai yang terbatas terkait dengan tipisnya sikat sehingga bulu-bulunya bisa mekar lebih cepat. Meski demikian, menurut Zalins, tetap saja masa pakai tergantung pada cara penggunaan.

Soal materialnya, menurut Zalins, masih harus dicari bahan plastik yang elastis sehingga tidak patah jika dompet diduduki. Lalu sistem penguncinya dan cara agar bisa lebih tipis lagi.

Zalins merasa bahwa jika produknya diproduksi secara massal, akan ada banyak kalangan yang terbantu. Misalnya, karyawan yang sering bekerja lembur dan punya kegiatan rapat atau keluar kota mendadak. Sigilip bisa menjadi sikat gigi praktis yang siap membantu menyegarkan mulut.

Sumber: kompas.com

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog