Home » , » Peneliti Ciptakan Baterai Terkecil di Dunia

Peneliti Ciptakan Baterai Terkecil di Dunia


Gambar yang anda lihat adalah baterai terkecil di dunia untuk saat ini. Mungkin banyak yang berpikir ukurannya tidak berbeda jauh dari baterai jam tangan namun sebenarnya kemampuannya berbeda jauh.
Perkembangan tren ponsel saat ini banyak yang dilengkapi dengan layar lebar untuk kepentingan multimedia, bisnis, hingga bermain game. Oleh karena itu sudah seharusnya teknologi didalamnya menjadi lebih kecil agar ponsel tersebut bisa semakin kaya fitur, tak terkecuali baterai yang digunakan.
Belum lama ini peneliti dari Rice University telah berhasil membuat baterai yang enam kali lebih tipis daripada bacterium. Baterai ini disebut dengan nano baterai yang lebih tipis ratusan kali daripada rambut manusia dan 60,000 kali lebih kecil daripada baterai AAA.
Hasilnya dengan baterai sekecil tadi maka bisa mentenagai perangkat medis, perangkat kimia, sensor biologis, bersamaan dengan jaringan wireless microscopic. Baterai ini juga bisa mentenagai perangkat komputer dalam berbagai jenis dan mampu mengubah produk konsumen apapun menjadi lebih pintar lagi.
Sayangnya baterai nano ini masih berupa prototipe dan juga memiliki beberapa hambatan untuk dirilis ke publik saat ini. Salah satunya adalah kemampuan baterai mulai menurun setelah di charge sebanyak 20 kali, jadi solusi ini belum merupakan solusi terbaik untuk ditanamkan dalam perangkat elektronik yang biasanya digunakan beratus-ratus kali atau bakan beribu-ribu kali.
Sumber: teknoup

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog