Home » » Ditemukan Sekelompok Kera Langka di Vietnam

Ditemukan Sekelompok Kera Langka di Vietnam


Sekelompok kera berjambul putih atau northern white-cheeked gibbon (Nomascus leucogenys) yang langka dan disebutkan tidak berbahaya, telah ditemukan di Vietnam baru-baru ini. Demikian kata Balai Konservasi Internasional (Conservation International, CI), seperti diungkapkan kepada kantor berita CNN, Senin (18/7).

Menurut catatan Konservasi Internasional, kera langka berlengan panjang dan memiliki jambul putih pada bagian wajahnya itu hidup di Pu Mat National Park, di bagian utara Vietnam. Jumlah kera itu disebutkan sebanyak 455 ekor kera yang terbagi menjadi 130 kelompok.

Sumber di Konservasi Internasional menyebutkan, jumlah kera berjambul putih itu mewakili dua per tiga dari seluruh jumlah species yang tersisa di Vietnam, dan kera-kera itu juga adalah satu-satunya populasi yang tersisa di seluruh dunia.

"Isu paling utama sekarang adalah perburuan terhadap kera-kera ini yang sebelumnya dilindungi oleh alam yang ganas," kata ahli hewan primata Luu Tuong Bach, yang memimpin penelitian di lapangan.

Demi kelangsungan hidup spesies kera langka ini Luu berharap ada yang menjaga dan melindunginya. "Tanpa perlindungan langsung dari Taman Nasional Pu Mat, sepertinya Vietnam akan kehilangan spesies langka ini," Luu Tuong menambahkan.

Sumber: Liputan6

2 comments:

  1. satwa langka ini....perlu dijaga kelangsungan hidupnya

    ReplyDelete
  2. @rumput dan ilalang: setuju, jgn sampe hilang karena ulah pemburu tak bertanggung jawab.

    ReplyDelete

Arsip Blog