Home » , » ZTE Merangsek di Pasar Ponsel Dunia, Geser Apple dari Posisi Empat Besar

ZTE Merangsek di Pasar Ponsel Dunia, Geser Apple dari Posisi Empat Besar


Menurut hasil analisis pasar dari IDC, perusahaan elektronik konsumen ZTE secara mengejutkan telah menjadi perusahaan pembuat ponsel terbesar keempat di dunia menggeser Apple dan RIM. Apple tergeser ZTE dan berada di tempat kelima sementara RIM tidak lagi masuk lima besar produsen ponsel dunia di kuartal keempat tahun 2010. ZTE tumbuh 76,8% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan mengapalkan 16,8 juta ponsel di kuartal keempat tahun 2010. Angka ini naik dari hanya 9,5 juta ponsel pada kuartal yang sama tahun 2009.
Kesuksesan ZTE ini didukung oleh kesuksesan penjualan ponsel Android berharga murah dan jenis ponsel murah lain, terutama di China dan Afrika. Ponsel ZTE bernama Blade dan Racer telah terjual laris di berbagai tempat termasuk di Eropa dan Amerika Utara.
Pertumbuhan Apple sebenarnya mengungguli ZTE jika dibandingkan tahun-ke-tahun namun para kuartal keempat tahun 2010 lalu pengapalan handset Apple hanya 16,2 juta unit. Sebelum ini di kuartal ketiga tahun 2010 lalu Apple telah menggeser RIM sebagai perusahaan dengan penjualan ponsel terbesar keempat di dunia berkat penjualan iPhone 4 yang laris. Pasar ponsel di kuartal keempat tahun 2010 secara keseluruhan naik 17,9%.

Dari data IDC ini juga diketahui bahwa pada kuartal keempat tahun 2010 lalu untuk pertama kalinya tiga besar produsen ponsel dunia mengalami penurunan pertumbuhan. Pangsa Nokia kembali turun menjadi 30,8% sementara Samsung juga sedikit turun menjadi 20,1%. LG yang berada di posisi ketiga juga turun menjadi 7,6% saja.
Penurunan pangsa Samsung ini sedikit terkurangi berkat kesuksesan penjualan Galaxy S. Sementara Nokia meski telah menurunkan harga rata-rata penjualan smartphone mereka sebesar 16% tetap tidak bisa mencegah konsumen berpaling dari seri N8 dan C6 untuk menjajal smartphone lain seperti iPhone dan Android bahkan di daerah asal Nokia yaitu Eropa.
Sumber: teknoup

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog