Home » , » Tips Hemat Untuk Printer

Tips Hemat Untuk Printer


Berikut adalah beberapa tips untuk Anda agar dapat menghemat dalam melakukan print suatu dokumen:

Gunakan Print Preview dan Shrink to Fit
Jika Anda selalu mengklik tombol cetak tanpa melihat preview terlebih dahulu, maka Anda akan memboroskan banyak tinta dan kertas. Dengan menggunakan Print Preview maka Anda dapat menghindari kesalahan mencetak yang mungkin terjadi.
Firefox dan IE memiliki opsi yang disebut “Shrink to Fit” yang dapat mengecilkan konten sehingga menghemat kertas Anda, atau Anda bisa memilih tingkat perbesaran sesuka Anda untuk memuatnya ke selembar kertas saja.
Microsoft Word juga memiliki suatu opsi yang disebut “Shrink One Page” yang akan mencoba mengecilkan dokumen Anda sehingga cukup pada selembar kertas dengan mengecilkan font dan spasi dari teksnya.


Cetaklah Bagian yang Anda Butuhkan Saja
Daripada mencetak seluruh dokumen, hampir semua aplikasi memiliki sebuah fitur yang mungkin selama ini tidak Anda perhatikan yaitu fitur untuk mencetak hanya teks yang terblokir. Fitur ini sangat berguna jika Anda hanya ingin mencetak sebuah paragraf dari suatu website atau sebagian kecil teks dari suatu dokumen yang panjang, daripada Anda menghabiskan waktu dengan menghapus halaman-halaman yang tidak Anda butuhkan.
Cara ini dapat bekerja pada sebagian besar aplikasi seperti IE, Firefox, Microsoft Excel & Word. Cukup dengan memblokir bagian dokumen yang ingin Anda cetak dan pilih “Selection” di dialog print.
Cara ini sangat berguna jika Anda ingin mencetak dari suatu blog karena sangat sedikit blog yang tidak memasukkan bagian komentar dari tampilan cetak sehingga pada akhirnya Anda mencetak berlembar-lembar halaman yang isinya hanya komentar. Perlu Anda ketahui bahwa Anda juga bisa mencetak halaman-halaman tertentu saja, hal ini berguna jika Anda tidak bisa menyeleksi suatu dokumen tetapi mengetahui halaman yang ingin Anda cetak.
Anda juga bisa menggunakan Aardvark extension Firefox, untuk menyembunyikan elemen lain yang tidak ingin Anda cetak yang ada di halaman tersebut seperti iklan dan gambar lainnya.


Mencetak Banyak Seleksi Sekaligus Pada Selembar Kertas
Daripada mencetak sebuah seleksi secara satu persatu, Anda dapat menyeleksi berbagai bagian pada suatu halaman dan mencetaknya pada selembar kertas dengan HP Smart Web untuk IE dan Firefox 2.0. (Walaupun dibuat oleh HP, tetapi aplikasi ini dapat dipakai untuk semua printer). Aplikasi ini dapat menghemat banyak kertas jika Anda seringkali harus mencetak berbagai alamat atau kontak dari berbagai.Sayangnya, add-on ini tidak bekerja di Firefox 3 bahkan setelah dicoba dengan Nightly Tester Tools. Semoga mereka akan segera memperbaharui produk ini, karena add-on ini sangat berguna untuk menghemat kertas.
Gunakan Mode Draft Sebagai Setting Default
Jika Anda menggunakan sebuah printer inkjet maka Anda tidak perlu menggunakan kualitas tinggi atau menengah untuk mencetak hal-hal kecil seperti artikel atau apapun itu. Anda akan menghemat banyak tinta (dan waktu) dengan memasang Fast Draft sebagai default pada printer properties, sehingga tidak perlu setiap kali mengganti settingya.
Buka folder Printers, klik kanan printer Anda dan pilih “Printing Preferences”. Walaupun setiap jenis printer berbeda, tetapi hampir semuanya memiliki pilihan “Fast Draft” pada bagian kualitas cetakan. Anda juga dapat menghemat tinta warna dengan memilih grayscale sebagai default.
Banyak printer yang dapat menyimpan pengaturan Anda sebagai default sehingga Anda dapat dengan cepat memilih pengaturan yang Anda inginkan ketika mencetak dan menghemat banyak waktu.
Cetak ke PDF dan Bukan ke Kertas
Daripada mencetak dokumen pada kertas, Anda dapat “mencetaknya” menjadi file PDF yang lebih mudah diemail dan ramah lingkungan. Ada banyak pilihan untuk mencetak ke PDF termasuk: doPDF, PDFCreator atau CutePDF untuk pengguna Windows, CUPS-PDF untuk Linux dan pengguna Mac OS X telah memiliki fitur “Save as PDF”, mereka juga bisa memasang CUPS-PDF sebagai “printer” yang sekaligus menjadi PDF converter.
Isi Ulang Sendiri Cartridge Printer Anda Kecuali Anda mencetak foto atau sesuatu yang membutuhkan kualitas tinggi (seperti CV misalnya), Anda dapat mengisi ulang cartridge printer Anda yang tentu saja lebih murah daripada membeli cartridge baru. Perlu diingat bahwa cartridge printer tidak dapat selamanya diisi ulang dan kemungkinan gagal cetak akan lebih besar daripada menggunakan cartridge baru, tetapi tentu saja yang menjadi pertimbangan adalah perbedaan harga yang cukup jauh. Jika Anda mau sedikit lebih susah, maka Anda bahkan bisa mengisi ulang sendiri cartridge Anda dan lebih menghemat lagi biaya yang harus dikeluarkan.


Gunakan GreenPrint untuk Menghitung Penghematan Anda
GreenPrint (download di sini, di sini) adalah sebuah aplikasi gratis yang bekerja sebagai virtual printer dan melihat dokumen Anda sebelum dikirim ke printer, sehingga Anda bisa membuang apa saja yang tidak ingin Anda cetak sekaligus memberikan pilihan untuk “mencetak” ke PDF atau kertas. Sebagai bonusnya Anda akan melihat sebuah laporan yang isinya berapa banyak kertas dan biaya yang telah Anda hemat.

Sumber: http://www.ruzman.co.tv/2009/04/tips-hemat-dalam-menggunakan-printer.html

0 comments:

Post a Comment

Arsip Blog